Tips Sukses Bisnis Jual Beli Rumah Murah

Tips Sukses Bisnis Jual Beli Rumah Murah

Bicara soal bisnis tentunya tidak akan pernah ada ujungnya. Selalu ada ide dan inovasi baru dalam dunia bisnis. Salah satu bisnis yang paling banyak dilakukan orang yaitu jual beli rumah murah. Hal ini karena dari waktu ke waktu bisnis rumah selalu mengalami prospek yang tinggi. Apalagi jika Anda melakukan jual beli rumah murah, tentunya akan semakin banyak orang yang berminat. Sehingga bisnis jual beli rumah Anda akan sukses.

Usaha jual beli rumah murah selalu memiliki prospek yang meningkat. Bayangkan saja, rumah yang memiliki harga 100 juta, hanya dalam kurun waktu beberapa tahun bisa meningkat menjadi 250 juta. Bahkan, bisnis ini bisa melebihi investasi emas, dimana investasi emas dijadikan sebagai investasi terbaik di dunia. Harga emas saja bisa mengalami inflasi besar-besaran yang terjadi pada tahun 2013.

Tidak ada sejarahnya jika harga rumah dari tahun ke tahun selalu mengalami penurunan. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencoba bisnis jual beli rumah murah. Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis jual beli rumah murah, maka modal yang Anda butuhkan tidak terlalu besar. Namun, sebelum melakukan bisnis ini Anda baiknya jika Anda perlu mengetahui tips jual beli rumah murah yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Kemas usaha yang dibuat sebagai investasi

Untuk Anda yang ingin sukses dalam jual beli rumah murah, maka salah satu strategi yang bisa digunakan yaitu menjadikan rumah sebagai investasi. Memang, rumah dijadikan sebagai hunian oleh seseorang.

Namun, jika Anda menawarkan rumah sebagai salah satu investasi yang harganya selalu meningkat dan stabil, maka Anda bisa mendapatkan konsumen lebih banyak. Anda juga harus menyebutkan potensi apa saja yang dimiliki rumah.

Dimulai dari harga, potensi perubahan harga setiap tahunnya, serta nilai KPR dan potensi ekonomis dan lingkungan. Dengan demikian, konsumen akan lebih tertarik dan Anda bisa menjual rumah dengan lebih cepat.

2. Melakukan negosiasi pembayaran

Untuk melakukan bisnis jual beli rumah murah, maka pastikan Anda mendapatkan rumah dengan harga yang murah kemudian dijual kembali. Untuk mendapatkan rumah yang murah tentunya tidak mudah. Untuk itu lakukan negosiasikan pembayaran hingga mencapai harga termurah.

Setelah itu, Anda bisa menjual rumah tersebut kembali dengan harga di atas harga beli namun tetap murah. Caranya yaitu dengan menggunakan sistem termin. Pembeli bisa melakukan pembayaran di awal dan melakukan pelunasan pembayaran beberapa bulan kemudian.

Selama waktu pelunasan inilah Anda bisa melakukan renovasi rumah tersebut serta melakukan penawaran kepada calon pembeli lain. Sehingga jika calon pembeli tidak bisa membayar tempo, Anda bisa menjual rumah tersebut kembali dengan harga yang lebih tinggi.

3. Memahami harga pasaran dengan baik

Ada banyak kesalahan yang sering terjadi pada pelaku jual beli rumah murah. Kesalahan tersebut yaitu kurang memahami biaya dan harga pasaran. Sehingga kadang menjual rumah dengan harga dibawah harga pasaran.

Akhirnya bukan untung yang didapatkan melainkan rugi yang didapatkan. Untuk itu, sebelum memutuskan harga jual rumah maka sebaiknya perhitungkan secara matang berapa biaya tambahan yang akan muncul.

Pastikan pula harga pasaran tersebut sesuai dengan harga properti yang ada di kota Anda. Sebab harga pasaran properti setiap kota memiliki perbedaan karena manajemennya memang berbeda. Jangan sampai Anda menjual properti di kota A dengan harga properti di kota B. Dengan begitu Anda tetap adakan mendapatkan untung meskipun rumah dijual dengan harga yang murah.

4. Memahami hukum serta aturan perpajakan properti

Salah satu hal yang harus dipahami dalam menjalankan bisnis jual beli rumah murah yaitu memahami hukum dan perpajakan. Sebab, kadang kala Anda akan menemukan rumah yang bermasalah baik dalam proses hukum dan perpajakannya.

Oleh sebab itu pelajari lebih rinci lagi mengenai hukum dan perpajakan tersebut. Sehingga ketika Anda mendapati rumah yang bermasalah dalam bagian hukum dan perpajakannya, Anda tetap bisa menanganinya.

Lain halnya jika Anda tidak mengetahui dan menguasai hukum dan perpajakan rumah. Bisa jadi saat anda menemui kasus rumah yang bermasalah, Anda bisa saja tersandung masalah hukum karena menjual properti ilegal.

5. Gunakan manajemen yang sederhana

Agar bisnis Anda berjalan dengan lancar, sebaiknya gunakan manajemen yang sederhana. Untuk kelas perusahaan properti besar saja biasanya hanya memfokuskan pada bidang jual beli dan keuangannya saja.

Sedangkan bagian konstruksi, hukum dan perencanaannya biasanya diserahkan kepada partner atau perusahaan lain. Dengan membiarkan konstruksi dikerjakan oleh pihak lain, maka Anda tidak perlu ribet untuk mengurusi masalah konstruksi tersebut.

Saat ini banyak jasa konstruksi profesional yang sudah tersedia. Jika Anda ingin mengerjakan semuanya sendiri memang akan lebih banyak keuntungan yang didapatkan. Namun, repot dan ribetnya melakukan banyak pekerjaan yang dilakukan oleh satu orang tentunya akan membuat Anda lelah. Sehingga hal ini bisa berdampak pada ketidak fokusan dalam urusan jual beli rumah.

6. Teknik pemasaran yang intensif

Agar bisnis jual beli rumah murah yang Anda geluti dapat dikenal banyak orang, maka gunakan pemasaran yang efektif. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memasarkan properti yaitu melalui internet.

Anda bisa memasarkan properti baik melalui sosial media atau membuat website. Dengan begitu, orang lain bisa mudah untuk mengetahui produk properti yang Anda jual. Mereka juga bisa dengan mudah mencari informasi dari properti tersebut. Apalagi jika harga yang Anda tawarkan lebih miring dibandingkan dengan agen properti lain.

Maka sudah dipastikan akan banyak orang yang lebih memilih membeli rumah dengan Anda. Dengan menggunakan cara pemasaran ini, Anda juga bisa menemukan calon pembeli dari luar kota. Karena pembeli dari luar kota biasanya membeli properti digunakan sebagai investasi. Efektif bukan, pemasaran ini pasti lebih efektif dan efisien jika dibandingkan Anda memasarkan produk dengan menggunakan majalah, koran, spanduk, pamflet dan masih banyak lainnya.

Dalam memulai sebuah bisnis baru apalagi bisnis jual beli rumah murah, maka ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Pastikan persiapkan semuanya dengan matang, agar usaha yang Anda lakukan dapat bersaing dengan bisnis lain yang menggeluti bidan yang sama dengan bisnis yang Anda jalani.