Tips Design Ruang Makan Dengan Nuansa Vintage

Tips Design Ruang Makan Dengan Nuansa Vintage

Ruang makan merupakan salah satu ruangan yang digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Tidak hanya di ruang keluarga saja anggota keluarga dapat bercengkrama, bercerita dengan hangat. Ruang makan juga bisa digunakan untuk bercengkrama, berdiskusi, bercerita dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda sangat perlu tips design ruang makan agar lebih hangat dan nyaman digunakan.

Jika biasanya ruang makan mengusung design modern yang sedang tren saat ini, maka ada baiknya jika Anda menggunakan tips design ruang makan yang tidak biasa. Sebenarnya si tampilan ruang makan disesuaikan oleh pemilik rumah itu sendiri. Namun, jika Anda ingin merasakan suasana baru dimana ruang makan menjadi lebih hangat, maka Anda bisa menggunakan tips design ruang makan era 50-an.

Untuk Anda yang mau mengubah suasana ruang makan menjadi lebih hangat, maka Anda bisa mengusung tema vintage. Design ruang makan vintage ini lebih erat dengan garis-garis, bunga-bunga dan pemilihan warna yang soft. Dengan begitu ruang makan tampak lebih hangat. Untuk tips design ruang makan vintage ini memiliki ciri khas dimana semua furniture yang digunakan klasik.

Anda bisa memilih meja makan dan kursi yang terbuat dari kayu serta memilih pemilihan wallpaper yang unik dan cantik. Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis benda yang berusia tua sebagai hiasan ruang makan.

Barang-barang tua ini bisa menjadi barang-barang yang bernilai tinggi. Namun, ada pula barang-barang bekas yang tetap cantik digunakan untuk menghias ruang makan. Semakin tua barang-barang yang dijadikan hiasan dalam ruang makan, maka akan semakin kuat pula nuansa vintage ruang makan Anda.

Ternyata, dengan menggunakan design ruang makan ini juga mampu meningkatkan nilai investasi rumah. Sebab, banyak sekali di zaman modern ini orang lebih suka dengan gaya rumah klasik. Untuk Anda yang ingin menata ruang makan dengan design vintage, maka berikut ini akan disajikan beberapa tips design ruang makan vintage.

1. Pemilihan warna

Untuk Anda yang ingin mengusung tema vintage, maka tips design ruang makan vintage yang bisa dipilih yaitu mengatur pemilihan warna. Biasanya untuk tema vintage lebih memilih warna yang soft seperti warna dinding putih. Pemilihan warna dinding yang putih ini menunjukkan bahwa ruang makan bersih dan tampak klasik.

Tidak hanya warna putih saja, melainkan Anda bisa menggunakan warna soft lainnya seperti biru pudar, cokelat muda, hijau pudar dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan warna tersebut sebagai warna dinding, lantai dan langit-langit ruang makan.

2. Furniture

Jika Anda sudah menetapkan tema klasik atau vintage, maka Anda harus menggunakan furniture yang klasik pula. Anda bisa memilih kursi dan meja yang berbentuk klasik. Anda bisa memesan meja yang berbau klasik dengan memilih meja dan kursi kayu yang terbuat dari kayu jati. Dengan begitu kesan klasik ruang makan Anda akan sangat kuat dan hangat.

Anda juga bisa memilih peralatan makan yang klasik untuk membuat nuansa klasik tetap kuat. Misalnya saja dengan menggunakan jenis piring klasik, gelas, tempat nasi, tempat lauk dan lain sebagainya yang klasik.

Bahkan Anda juga bisa menggunakan teko zaman dahulu yang cantik dan klasik. Meskipun untuk menemukan barang-barang ini agak susah, namun ternyata saat digunakan akan ada kepuasan tersendiri. Sehingga saat bercengkrama dengan keluarga akan semakin nyaman dan asyik.

3. Penataan lampu

Tidak hanya warna dan furniture saja yang menjadikan ruang makan menjadi bernuansa vintage. Tips design ruang makan selanjutnya yaitu dengan memperhatikan penataan lampu. Karena ruang makan menyajikan makanan dan dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Maka pencahayaan yang digunakan haruslah tepat dan nyaman.

Anda bisa menggunakan lampu yang sesuai di ruang makan tersebut. Misalnya saja dengan memberikan lampu utama yang digantung di tengah ruang makan. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan lampu-lampu kecil yang dipasang di dinding.

Untuk jarak pemasangan lampu kecil ini jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Anda bisa memberikan jarak sejauh 60 cm antar lampu. Dengan begitu nuansa vintage akan terasa lebih kental.

4. Aksesoris

Untuk mempercantik ruang makan, maka tips design ruang makan selanjutnya yaitu memberikan sentuhan aksesoris pada ruang makan. Aksesoris ini bisa berupa vas bunga klasik yang diletakkan di atas meja.

Atau jika perlu, untuk memberikan nuansa yang romantis, Anda bisa memberikan lilin di atas meja. Anda juga bisa meletakkan beberapa vas bunga klasik di bagian ruang makan, seperti di pojokan atau di sisi ruangan yang lain.

5. Lukisan

Memberikan sentuhan lukisan pada ruang makan juga menjadikan ruang makan menjadi lebih hidup. Pastikan Anda memilih lukisan yang berbau klasik, ini bertujuan agar nuansa klasik tetap kental di ruang makan Anda.

Jika ruang makan milik Anda cukup luas, maka Anda bisa memberikan sentuhan beberapa lukisan di dinding. Dengan begitu, ruang makan akan terasa sangat hangat, nyaman dan enak untuk berbincang-bincang bersama keluarga.

Untuk anda yang ingin memiliki ruang makan dengan design vintage, maka anda bisa menggunakan tips design ruang makan vintage. Dengan menggunakan design ruang makan vintage, maka ruang akan terasa lebih hangat dan klasik.

Selain itu, design ruang makan vintage ini juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, saat ini banyak sekali investor yang lebih menyukai rumah yang bergaya klasik karena dianggap lebih unik. Semoga dengan adanya tips design ruang makan ini bisa dijadikan inspirasi untuk Anda yang ingin mendesign ruang makan menjadi lebih nyaman.