Mengapa Seorang Wanita dalam Islam Wajib Mengenakan Jilbab?

Posted by

berdoaMengapa wanita perlu berhijab? Adalah sebuah pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang cukup panjang. Jika anda seorang muslimah, maka sesungguhnya jilbab atau hijab merupakan satu aturan fundamental yang telah diperintahkan oleh Sang Pembuat Syariat, Allah Subhanahu Wa ta’ala. Syariat Allah terangkumkan dalam Qur’an dan Hadist Nya sebagai aturan yang memiliki konsekwensi jauh ke depan, menyangkut kebahagiaan dan kemashlahatan hidup dunia maupun akhirat. Berikut kami rangkumkan beberapa dasar hukum dalam Qur’an maupun Hadist yang menjadi pondasi seorang muslimah untuk berhijab/berjilbab.

Pertama : Berhijab atau lebih tepatnya menutup aurat bagi seorang muslimah merupakan wujud ketaatan kepada Allah dan RasulNya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar”.  [Al Ahzab:36].

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Sungguh akan merasakan manisnya iman, seseorang yang telah rela Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah”. [HR Muslim].

Kedua : Memamerkan aurat dan keindahan tubuh bagi seorang muslim atau muslimah adalah suatu bentuk maksiat yang mendatangkan murka Allah dan RasulNya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan RasulNya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata”. [Al Ahzab:36].

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Setiap umatku (yang bersalah) akan dimaafkan, kecuali orang yang secara terang-terangan (berbuat maksiat)”. [Muttafaqun alaih].

Ketiga : Sesungguhnya Allah memerintahkan wanita muslimah untuk menutup aurat sebagai cara meredam berbagai macam fitnah (kerusakan).

Negeri yang dihuni oleh wanita yang gemar bertabarruj atau berdandan seronok, pamer aurat dan keindahan tubuh, sangatlah rentan terhadap ancaman fitnah dan pelecehan seksual serta gejolak syahwat. Hal ini akan membawa penduduk negeri tersebut pada malapetaka dan kehancuran yang sangat besar.

Keempat : Seorang wanita yang tidak berhijab dan pamer perhiasan akan mengundang fitnah bagi laki-laki.

Wanita yang gemar memamerkan lekuk tubuhnya akan mengundang gejolak syahwat bagi laki-laki. Hal ini akan menumbuhkan fitnah diantara keduanya sehingga menjadi benih bertumbuhnya malapetaka yang lebih besar.

Kelima : Seorang wanita muslimah yang menjaga hijab, secara tidak langsung ia akan berkata kepada semua kaum laki-laki, “Tundukkanlah pandanganmu karena aku bukan milikmu dan kamu juga bukan milikku. Aku hanya milik orang yang dihalalkan Allah bagiku. Aku orang merdeka yang tidak terikat dengan siapapun dan aku tidak tertarik dengan siapapun karena aku lebih tinggi dan jauh lebih terhormat dibanding mereka.”

Adapun wanita yang bertabarruj atau pamer aurat dan menampakkan keindahan tubuh di depan kaum laki-laki hidung belang, secara tidak langsung ia berkata, “Silahkan kalian nikmati keindahan tubuhku dan kecantikan wajahku. Adakah orang yang mau mendekatiku? Adakah orang yang mau memandangku?

Dari dua pernyataan tersebut, manakah di antara wanita diatas yang lebih merdeka? Jelas, wanita yang berhijab secara sempurna akan memaksa setiap lelaki untuk menundukkan pandangan mereka dan bersikap hormat ketika melihatnya, hingga mereka menyimpulkan bahwa dia adalah wanita merdeka, bebas dan sejati.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan hikmah di balik perintah mengenakan hijab dengan firmanNya.

“Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih”. [Al Ahzab : 59]

Wanita yang menampakkan aurat dan keindahan tubuh serta kecantikan parasnya, bagaikan seorang pengemis yang merengek-rengek dan meminta dikasihani karena tanpa sadar mereka rela menjadi mangsa kaum laki-laki yang gemar melampiaskan syahwatnya. Wanita yang tak menutup auratnya seolah-olah menjadi wanita yang terhina, terbuang, murahan dan kehilangan harga diri serta kesuciannya. Wanita yang demikian sesungguhnya telah menjerumuskan dirinya dalam kehancuran dan malapetaka hidup baik di dunia bahkan kelak di akhirat.

SYARAT-SYARAT HIJAB BAGI SEORANG MUSLIMAH

Pertama : Hendaknya menutup seluruh tubuh dan tidak menampakkan anggota tubuh sedikitpun selain yang dikecualikan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Dan katakanlah kepada wanita-wanita mukminat, hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan janganlah menampakkan perhiasan mereka kecuali yang biasa nampak dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka”. [An Nuur:31].

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang lain.

“Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin,“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang”. [Al Ahzab : 59].

Kedua : Hendaknya hijab tidak menarik perhatian pandangan laki-laki bukan mahram.

Ketiga : Hendaknya hijab terbuat dari kain yang tebal tidak menampakkan warna kulit tubuh.

Keempat : Hendaknya hijab tersebut longgar dan tidak menampakkan bentuk anggota tubuh. Hijab bukan merupakan pakaian kebanggaan dan kesombongan.

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Barangsiapa yang mengenakan pakaian kesombongan di dunia maka Allah akan mengenakan pakaian kehinaan nanti pada hari kiamat kemudian ia dibakar dalam Neraka”. [HR Abu Daud dan Ibnu Majah, dan hadits ini hasan]

Sabda beliau yang lain:

“Siapapun wanita yang mengenakan wewangian lalu melewati segolongan orang agar mereka mencium baunya, maka ia adalah wanita pezina”. [HR Abu Daud, Nasa’i dan Tirmidzi, dan hadits ini Hasan]

Kelima : Hendaknya pakaian atau hijab yang dikenakan tidak menyerupai pakaian laki-laki atau pakaian wanita kafir.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Barangsiapa yang menyerupai kaum maka dia termasuk bagian dari mereka”. [HR Ahmad dan Abu Daud]

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat membenci laki-laki yang mengenakan pakaian wanita serta wanita yang berpakaian seperti laki-laki.

MENGAPA WANITA HARUS BERHIJAB?

Di dalam Islam, seorang perempuan muslim diwajibkan untuk mengenakan jilbab atau pakaian yang menutupi aurat. Namun banyak diantara mereka hanya berpikir bahwa jilbab adalah sebatas kain penutup kepala yang berfungsi hanya untuk menutupi rambut. Sesungguhnya jilbab atau hijab adalah pakaian seorang muslimah yang menutupi bagian-bagian aurat kaum wanita. Yang tidak menjadi bagian dari aurat wanita yakni telapak tangan dan wajah. Jilbab atau hijab yang dikenakan oleh seorang wanita muslimah harus menutupi kepala, leher, dada serta bagian-bagian tubuh wanita yang dianggap sebagai perhiasan atas diri kaum wanitab tersebut.

Islam telah mewajibkan kaum wanita memakai jilbab yang tertuang dalam firman Allah QS. Annur ayat 31 dimana dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada wanita-wanita muslim untuk menjulurkan pakaian mereka hingga ke dada.

  1. Jilbab untuk memuliakan kaum wanita. Wanita yang mengenakan jilbab lebih terjaga kehormatannya dibanding dengan mereka yang tidak memakai jilbab. Kecantikan tubuh wanita yang ditujunkkan kepada para pria yang bukan suaminya bukan akan meningkatkan kehormatan dan marwah seorang wanita, sebaliknya biasanya hanya akan menjadi bahan perbincangan kaum wanita, bahan khayalan seks kaum lelaki yang tidak berhak atas kecantikan tersebut.
  1. Jilbab menjaga kaum wanita dari tindakan asusila. Dengan mengenakan jilbab, akan menghindarkan diri dan orang lain dari perbuatan asusila dan fitnah yang nyata.
  2. Jilbab untuk kesehatan. Dengan berhijab, maka seorang wanita muslimah sesungguhnya telah terlindung dari kontaminasi langsung zat-zat yang berbahaya bagi tubuhnya seperti sinar UV dan zat-zat adiktif lainnya. Kaum wanita yang selalu mengenakan jilbab biasanya akan terlindung kulitnya dari terpaan cahaya matahari secara langsung.
  1. Jilbab untuk kecantikan. Sesungguhnya, dengan berhijab dan menutup aurat seorang wanita telah menjaga kecantikan lahiriah maupun bathiniahnya. Jilbab atau hijab juga punya banyak manfaat untuk kecantikan kaum wanita. Wanita yang memakai jilbab biasanya kulitnya akan menjadi lebih putih dibandingkan dengan sebelum ia mengenakan jilbab. Mengapa seorang wanita dalam Islam wajib memakai jilbab? Karena dengan jilbab tersebut akan diperoleh berbagai manfaat yang akan dirasakan sendiri oleh kaum wanita tersebut. Masih ragu untuk mengenakan jilbab? Jika anda tertarik untuk membeli hijab syar’i yang sesuai dengan tuntunan Islam namun tetap tampak elegan dan mempesona, silahkan kunjungi situs Aisafahijab.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *