10 Contoh Inspirasi Pemukiman Bawah Tanah

10 Contoh Inspirasi Pemukiman Bawah Tanah

Semakin naiknya pertumbuhan populasi manusia juga berdampak pada jumlah pemukiman yang dibutuhkan. Salah satu solusi yang bisa mengatasi permasalahan ini adalah dengan membuat pemukiman di bawah tanah. Pemukiman ini tampak seperti Hobit, dimana orang membangun rumahnya di dalam tanah.

Hal ini ternyata sudah dilakukan berbagai orang di belahan dunia. Ternyata pemukiman di bawah tanah selain bisa mengatasi kepadatan penduduk juga memiliki nilai seni yang tinggi.

Penasaran? Tertarik? Yuk simak beberapa desain pemukiman bawah tanah di bawah ini.

1. Gary Neville House

Siapa si yang tidak tahu Gary Neville, ya di adalah mantan kapten klub sepak bola terkenal Manchester United yang telah pensiun pada tahun 2011. Ternyata ia juga membangun sebuah rumah bawah tanah yang terletak di wilayah Bolton, Inggris. Adapun pemukiman bawah tanah yang dibuat ini memiliki luas 8.000 kaki persegi.

Bentuk dari rumah ini juga unik, yakni membentuk kelopak bunga yang menyatu dengan perbukitan Pennie. Rumah ini terdiri dari empat kamar tidur yang dirancang dengan membiarkan cahaya masuk ke rumah guna menghemat listrik.

2. Rumah gunung bawah tanah, Yunani

Ini merupakan salah satu pemukiman bawah tanah yang dibangun diantara kedua lereng bukit di Yunani. Rumah ini sangat ramah lingkungan, sebab segalanya memanfaatkan alam.

Dimulai dari pendingin menggunakan angin, panas sebagai penerang. Rumah ini memiliki bentuk persegi yang tampak menyatu dengan gurun. Jika Anda melihatnya, hanya sebagian kecil saja bagian rumah yang terlihat, dan sisanya terkubur di dalam tanah.

3. Rumah bawah tanah di Vals, Siwss

Jenis pemukiman bawah tanah di ini dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Christian Muller dan SeArch. Kebanyakan orang di Swiss menganggap rumah bawah tanah memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu hemat pemanas dan pendingin rumahan.

Adapun kota Vals sendiri sangat terkenal dengan pemandian air panas. Dengan adanya pemukiman bawah tanah ini, setiap pengunjung yang ingin datang berendam tidak akan terganggu dengan pemukiman, sebab pemukiman ini terkubur di bawah tanah.

4. Rumah Sedum

Jenis pemukiman bawah tanah ini sangat memanfaatkan sinar matahari. Hal ini dibuktikan dengan dibuatnya dua teras yang diperuntukkan untuk matahari pagi dan satu teras lainnya digunakan untuk matahari sore.

Apalagi jenis rumah ini memiliki penampungan air yang sangat tanah lingkungan. Bahkan jenis pemukiman ini merupakan salah satu model terbaik yang bisa digunakan di masa depan.

5. Rumah gua di Festus

Rumah yang memiliki luas sebesar 15.000 kaki persegi ini merupakan rumah modern yang hemat energi. Rumah ini dibangun didalam sebuah gua batu pasir.

Adapun desain interior yang dipasang menyatu dengan dinding gua yang ternyata merupakan dinding batu pasir. Adapun dalam mengatur suhu ruangan, sang pemilik memanfaatkan energi panas bumi.

6. Rumah bawah tanah Greay Ormside, Cumbria

Rumah yang dibangun di bekas tambang Cumberia, Inggris ini ternyata sangat indah. Rumah yang dibangun ada awal bukan April 2002 ini dirancang oleh seorang arsitek yang bernama John Bodger. Untuk penerangan, rumah ini memanfaatkan sinar matahari.

7. Rumah Malator

Ini merupakan salah satu jenis pemukiman bawah tanah yang paling sederhana namun sangat cantik. Rumah ini terdiri dari satu ruang utama yang dibatasi dengan prefabrikas (bongkar pasang yang memiliki warna hijau).

Untuk bagian luar rumahnya terbuka, sehingga sangat cocok untuk melihat pemandangan sekitar. Ini merupakan salah satu hasil karya arsitek Wales terbaik dan didambakan sebagai rumah modern.

8. Pemukiman Latten Strasse, Swiss

Ini merupakan salah satu pemukiman bawah tanah yang terdiri dari 9 rumah yang terhubung dengan sebuah tangga. Letak dari pemukiman ini berada di Swiss yang dirancang oleh seorang arsitektur yang bernama Vetsch. Jenis pemukiman bawah tanah ini sangat efisien untuk melindungi penduduknya dari cuaca yang ekstrem.

9. Rumah bawah tanah Lower Silesia, Polandia

Rumah bawah tanah yang dibuat dengan menambahkan unsur modern ini sangat menarik. Dibuat dengan atap yang terbuat dari rumput hijau yang bisa diakses oleh pemiliknya melalui sebuah tangga yang berada di dalam tanah.

Rumah ini sangat unik, sebab antara bagian luar dan dalam sangat serasi. Sehingga, banyak orang yang menganggap rumah ini sebagai rumah impian di masa depan.

10. Pemukiman batu yang sudah berumur 700 tahun

Sebuah pemukiman bawah tanah yang terletak di bawah Gunung Sahand, Iran. Pemukiman ini sudah ada sejak 700 tahun yang lali yang dipahat dari berbagai formasi batuan vulkanik.

Memang sebagian besar pemukiman bawah tanah ini sudah sangat tua dan terkubur di dalam tanah. Namun, kini pemukiman bawah tanah ini sudah diperbarui menjadi sebuah hunian yang nyaman dan modern untuk dihuni.

Dengan melihat beberapa contoh pemukiman bawah tanah di Dunia, semoga dapat dijadikan inspirasi dan jawaban untuk mengatasi kurangnya lahan pemukiman. Semoga bermanfaat.