10 Akuarium Terbesar dan Terunik di Dunia

Posted by

Setiap penggemar akuarium tahu bahwa mayoritas akuarium di sebagian besar kota jatuh hanya menarik pada saat kita mengunjunginya untuk yang pertama kalinya, namun tidak meninggalkan kesan lebih dalam setelah kita mengunjunginya beberapa kali bahkan yang spektakuler sekalipun.

Akuarium terbaik di dunia menawarkan banyak hal untuk dinikmati. Bukan hanya dalam secara volume, tetapi juga menampilkan performa yang menarik dan informatif. Akuarium tersebut tidak hanya menarik karena mereka menawarkan kesempatan bagi kita untuk belajar lebih banyak tentang dunia bawah laut. Selain itu, atmosfer yang ditampilkan membuat pengunjung merasa seolah-olah mereka telah melangkah ke dunia lain. Apakah anda penasaran apa saja akuarium terbesar di dunia? Berikut kami cantumkan 10 akuarium terbesar dan terunik di dunia.

10. The Aquadom Berlin, Jerman

the-aquadom

Menempati posisi no 10, Aquadom mungkin bukan akuarium terbesar di dunia, tapi berada di sana merupakan pengalaman yang mengesankan dan unik. Akuarium silinder yang terletak di dalam atrium Radisson Hotel di kota Berlin, Jerman ini, memiliki tinggi 25 meter dan diameter 11 meter. Akuarium ini memiliki volume satu juta liter air. Ada lebih dari 2.600 spesies berbeda yang hidup di dalamnya. Kita bisa naik lift melalui pusat silinder dan melihat keluar melalui dinding transparan. Di bagian atasnya terdapat sebuah platform yang memungkinkan kita berdiri dan melihat keluar atas atrium.

9. Shanghai Ocean Aquarium, China

shanghai-ocean-aquarium

Akuarium ini hanya memiliki volumer air kurang dari satu juta galon, namun tetap merupakan salah satu akuarium terbesar di Asia. Pertunjukan yang disajikan dibagi menurut wilayah geografis (Zona China, Zona Australia, dan sebagainya). Ada sejumlah spesies yang terancam punah berada dalam koleksi akuarium tersebut. Akuarium ini juga memiliki terowongan bawah laut terpanjang di bumi dengan ukuran hampir 509 kaki.

8. uShaka Marine World, Afrika Selatan

ushaka-marine-world

Taman laut bertemakan armada kapal ini terletak di Durban, Afrika Selatan, dan merupakan rumah bagi akuarium terbesar di benua tersebut. Tiga puluh dua tangki di akuarium ini hanya  berisi kurang dari satu juta galon air. Akuarium ini dibangun menyerupai kecelakaan bawah laut. Sebuah restoran terkenal di taman laut ini memiliki dinding akuarium besar yang sebagian besar dihuni oleh ikan hiu.

7. National Aquarium, Baltimore

national-aquarium-baltimore

Aquarium Nasional di Baltimore telah beroperasi sejak tahun 1981 dan menerima sekitar 1,5 juta pengunjung setiap tahunnya. Akuarium ini berisi lebih dari 1 juta galon air serta memiliki terarium hutan hujan buata  pada bagian atapnya. Ada lebih dari 16.500 spesimen yang hidup di dalamnya dan mewakili sekitar 660 spesies makhluk bawah laut dari semua penjuru dunia.

6. Monterey Bay Aquarium, California

monterey-bay-aquarium

Akuarium terkenal ini terletak di Cannery Row di Monterey, California, Amerika Serikat. Akuarium spektakuler ini memiliki dua tangki besar yang setiap tankinya menampung 1,2 juta galon air serta memiliki salah satu panel jendela tunggal terbesar di bumi.

5. Turkuazoo, Istanbul

turkuazoo-akuarium-istanbul

Akuarium Turkuazoo di Turki ini dibuka pada tahun 2009 dan menjadikannya salah satu akuarium raksasa baru di dunia. Turkuazoo terletak di dalam Shopping Mall Forum Istanbul yang tidak hanya memiliki sebuah terowongan sepanjang 80 meter di bawah air, tetapi juga memiliki habitat hutan hujan dan lahan basah buatan. Ada sekitar 10.000 spesies yang hidup di Turkuazoo. Tangki terbesar memiliki volume1,32 juta galon air.

4. L’Oceanografic Valencia, Spanyol

loceanografic

Akuarium raksasa ini terletak di Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan, yang sebenarnya adalah nama sebuah ruang pameran di Valencia, Spanyol. Di dalam akuarium ini terdapat sebuah tangki terbesar di Eropa, yang menampung tak kurang dari1,85 juta galon air. Ada lebih dari 45.000 spesies bawah laut yang ditampilkan dalam pertunjukan L’Oceanografic. Eksterior bangunan ini memiliki arsitektur yang modern dan sangat ‘eye-catching’. Pastikan jika Anda mengunjungi Valencia, jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung di akuarium ini.

3. The Okinawa Churaumi Aquarium

the-okinawa-churaumi-aquarium

Akuarium yang berada di Expo Park Ocean, Okinawa ini dibuka pada tahun 2002 dan memiliki pertunjukan laut  terkenal yang disebut Laut Kuroshio. Tangkinya berisi hampir 2 juta galon air dan memiliki panel kaca akrilik besar. Akuarium ini terkenal akan spesies ikan hiu paus dan pari mantanya. Hanya beberapa akuarium di dunia yang menawarkan kesempatan pada pengunjung untuk melihat ikan paus yang mengagumkan yang membutuhkan banyak ruang untuk berkembang biak.

2. Dubai Mall Aquarium

dubai-mall-aquarium

Anda tidak berpikir bahwa Dubai akan menduduki peringkat pertama untuk 10 akuarium terbesar didunia bukan? The Dubai Mall menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di planet ini, dan juga tempat bagi salah satu akuarium terbesar di bumi. Akuarium berisi tangki bervolume 2,64 juta galon dengan lebih dari 33.000 spesimen makhluk bawah laut. Hanya untuk Hiu dan ikan pari saja sudah ada lebih dari 400 spesies. Saat ini, akuarium tersebut memiliki panel kaca akrilik terbesar di dunia, bahkan lebih besar dari yang ada di Okinawa (yang mencetak rekor dunia ketika pertama kali dibangun).

1. Georgia Aquarium, Atlanta

georgia-aquarium-atlanta

Dan peringkat satu untuk akuarium terbesar di planet ini ditempati Georgia Aquarium di Atlanta. Akuarium ini dibuka pada tahun 2005 berkat bantuan sebesar $ 250 juta dari Bernie Marcus, co-founder dari HomeDepot. Georgia Aquarium terkenal akan beberapa hal yang salah satunya adalah tangki bessar yang berisi 6,3 juta galon air di Ocean Voyager. Hal menakjubkan lainnya adalah populasi hiu paus di akuarium ini. Georgia Aquarium adalah satu-satunya akuarium di luar Asia yang menjadi rumah yang nyaman bagi ikan paus. Bagaimanapun juga, hal tersebut tidak menjadi anugerah yang indah mengingat dua dari hampir ratusan populasi ikan hiu di tempat ini telah mati sehingga ada beberapa kekhawatiran bahwa akuarium bukan rumah yang tepat untuk populasi ikan hiu.

Jika Anda pernah memiliki kesempatan untuk mengunjungi salah satu dari akuarium terbesar tersebut atau dengan kaliber yang sama, Anda pasti merasakan pengalaman yang luar biasa. Jika belum atau Anda hanya pernah mengunjungi akuarium lokal kecil dengan beberapa spesimen, maka Anda hanya akan mendapatkan rasa yang menyenangkan dan bertanya-tanya apakah hanya itu saja yang  ditawarkan tempat ini?

10 Akuarium kelas terbesar dan terindah didunia tersebut tidak hanya memiliki ruang pertunjukan yang megah, tetapi dapat mengajarkan kepada kita banyak hal tentang ekologi bawah air. Banyak diantaranya yang dikelola oleh ilmuwan kelautan yang terlibat dalam upaya konservasi laut, dan biaya yang Anda bayar untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut membantu spesies bawah laut untuk bertahan hidup dalam dunia yang terus berubah setiap saat. Lain kali, jika Anda berada di salah satu kota ini, pastikan Anda menyisihkan satu hari untuk menikmati salah satu akuarium terbesar dan terbaik di dunia. Hal itu pasti menjadi pengalaman yang akan Anda ingat selamanya!

Sumber: Conservation Institute

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *